Prakarya Kelas 9 "Berkarya Kerajinan dari Bahan Keras Alam"

Bahan keras alam sangat mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita. Bahan yang sangat mudah diperolehnya tersebut dapat dijadikan benda yang memiliki nilai ekonomi dan nilai seni yang tinggi dengan cara membuatnya menjadi karya (produk) kerajinan. Setiap orang yang berkarya kerajinan dari bahan keras alam memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang hanya untuk bersenang-senang dan ada pula yang menjadikan kegiatan berkarya kerajinan dari bahan keras alam sebagai bidang usahanya (berwirausaha). Berikut ini akan kita ulas tentang cara berkarya kerajinan dari bahan keras alam yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, hingga tahap pengemasan.

A. PERENCANAAN

Karya kerajinan yang baik dihasilkan melalui proses penciptaan yang benar. Oleh sebab itu, proses penciptaan karya kerajinan harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Menentukan bahan dan fungsi kerajinan
  2. Menggali ide dari berbagai sumber
  3. Membuat beberapa sketsa karya dan menentukan sebuah karya terbaik
  4. Menyiapkan bahan dan alat
  5. Membuat karya kerajinan
  6. Mengevaluasi karya

Berdasarkan keenam hal di atas, yang termasuk ke dalam tahap perencanaan adalah poin 1, 2, dan 3.

1. Identifikasi Kebutuhan

Identifikasi kebutuhan merupakan kegiatan mencari tahu, menemukan, mengumpulkan data tentang barang (produk) kerajinan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh diri sendiri (bila tujuannya hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi) dan masyarakat (bila tujuannya untuk memenuhi kebutuhan/ permintaan masyarakat/ pasar). Sebagai contoh yang dibutuhkan kita saat ini adalah wadah pensil unik yang akan diletakkan di meja belajar.

2. Ide/ Gagasan

Kita dapat menemukan banyak ide (gagasan) melalui berbagai sumber seperti berdiskusi dengan teman, memperhatikan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, atau membaca informasi dari berbagai media sosial. 
Sebagai contoh, ketika kita akan membuat karya kerajinan wadah pensil dari bahan alam yang ringan namun kuat serta tahan lama, ternyata setelah kita melakukan penggalian ide/gagasan dari berbagai media, kita tertarik pada kerajinan yang terbuat dari bahan dasar rotan, maka kita putuskan untuk membuat wadah pensil dengan bahan baku rotan.

Pada pembuatan produk kerajinan yang berkualitas, akan lebih baik jika turut mengacu pada prinsip ergonomis. Adapun yang dimaksud dengan prinsip ergonomis yakni meliputi aspek-aspek sebagai berikut:

  • Kegunaan (utility)

Benda kerajinan harus mengutamakan nilai praktis, yaitu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan, contoh: mangkuk untuk wadah sayur.

  • Kenyamanan (comfortable)

Benda kerajinan harus menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pemakainya, contoh: cangkir didesain ada pegangannya

  • Keluwesan (flexibility)

Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk kerucut benda dengan nilai gunanya, contoh: sepatu sesuai dengan anatomi dan ukuran kaki.
  • Keamanan (safety)
Benda kerajinan tidak boleh membahayakan pemakainya, misalnya: piring keramik harus mempertimbangkan komposisi zat pewarna yang dipakai tidak berbahaya jika digunakan sebagai wadah makanan
  • Keindahan (aestetic
Benda yang indah selalu sedap dipandang dan menarik perhatian. Keindahan sebuah benda dapat dilihat dari beberapa hal, diantaranya dari bentuk, hiasan, ornamen, dan bahan bakunya.

Contoh ide-ide kreatif karya kerajinan dari bahan keras alam dapat dilihat pada link berikut ini:

  1. Contoh ide kreatif karya kerajinan dari kayu
  2. Contoh ide kreatif karya kerajinan dari bambu
  3. Contoh ide kreatif karya kerajinan dari rotan
  4. Contoh ide kreatif karya kerajinan dari tempurung kelapa

3. Menggambar Sketsa Karya (Produk) Kerajinan yang Akan Dibuat

Gambarlah beberapa sketsa karya kerajinan yang ingin Anda buat, lalu tentukan mana sketsa karya terbaik menurut Anda dan yang pasti akan Anda buat.

Menulis Rancangan Berkarya Kerajinan dari Bahan Keras Alam

Urutan komponen-komponen yang harus ditulis di dalam rancangan berkarya kerajinan dari bahan keras alam adalah sebagai berikut:

  1. Judul karya kerajinan yang akan dibuat
  2. Bahan yang diperlukan
  3. Peralataan yang digunakan
  4. Sketsa gambar karya kerajinan yang akan dibuat
  5. Tahapan (langkah-langkah) proses pembuatan karya kerajinan dari bahan keras alam.

Contoh Tulisan Rancangan Berkarya Kerajinan dari Bahan Keras Alam

Berikut ini contoh tulisan rancangan berkarya kerajinan dari bahan keras alam:

B. PELAKSANAAN

Tahap pelaksanaan meliputi 3 kegiatan sebagai berikut:

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Siapkanlah bahan-bahan dan alat-alat yang akan digunakan dalam proses produksi karya kerajinan dari bahan keras alam sesuai dengan yang telah Anda tulis dalam rancangan.

2. Membuat Karya Kerajinan

Mulailah melaksanakan setiap tahapan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan keras alam dengan rancangan  yang telah dibuat.

3. Mengevaluasi Karya Kerajinan

Setelah karya kerajinan dari bahan keras alam selesai dibuat, maka mintalah penilaian teman dan kerabat tentang karya (produk) kerajinan Anda sesuai fungsi karya (produk) tersebut. Lalu, perbaikilah karya (produk) kerajinan Anda berdasarkan penilaian teman dan kerabatmu jika karya (produk) tersebut masih memiliki kekurangan.

C. PENGEMASAN

Kemasan merupakan wadah sebuah produk kerajinan yang dapat melindungi produk, memudahkan penggunaan produk, memperindah penampilan produk, dan meningkatkan nilai jual sebuah produk. Oleh karena itu, pilihlah kemasan yang sesuai untuk mengemas karya (produk) yang kita buat. Jenis kemasan yang umum digunakan biasanya adalah plastik mika, plastik transparan, plastik bermotif, dan kardus (untuk karya/produk kerajinan yang rentan pecah).

D. KESELAMATAN KERJA

Pada proses pembuatan karya kerajinan, kita perlu memahami prosedur keselamatan kerja. Tips berikut ini perlu diperhatikan pada saat membuat karya kerajinan dari bahan keras alam.

  1.  Gunakan celemek, masker, sarung tangan, kaca mata, atau pelindung kepala untuk menghindari penyerapan zat yang dapat membuat kotor atau mungkin membahayakan.
  2. Mintalah bimbingan/pengawasan dari orang tua dalam menggunakan benda-benda tajam (bila Anda belum cukup berani untuk menggunakannya sendiri).

Nah demikian ulasan mengenai Berkarya Kerajinan dari Bahan Keras Alam, semoga bermanfaat bagi pembaca dan sampai jumpa pada postingan lainnya..


NB: Postingan ini disalin dari buku pelajaran sekolah yang bertujuan sebagai alternatif sumber belajar bagi siswa yang sedang menjalani belajar dari rumah (PJJ) di masa pandemi covid-19, terutama bagi siswa yang kondisi gawai (hp)nya tidak mampu mengakses dokumen berbentuk pdf/ powerpoint/ video youtube.

DAFTAR PUSTAKA

Dewi Sri Handayani Nuswantari, dkk. 2018. Prakarya SMP/MTs Kelas IX Semester 1 (cetakan kedua, edisi revisi 2018). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKARYA KELAS 9 "PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN MENJADI MAKANAN SIAP SAJI"

PRAKARYA KELAS 9 "PENGOLAHAN BAHAN PANGAN SETENGAH JADI DARI HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN MENJADI MAKANAN SIAP KONSUMSI"

PRAKARYA KELAS 8 "PENGOLAHAN SEREALIA, KACANG-KACANGAN, DAN UMBI-UMBIAN MENJADI BAHAN PANGAN SETENGAH JADI"